Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Rekomendasi Keju untuk MPASI Bayi Terbaik Bergizi Tinggi


Saat memasuki usia MPASI, Mom tentu ingin memberikan makanan pendamping terbaik guna mendukung tumbuh kembang si kecil. Nah biasanya, tak sedikit juga orang tua yang menambahkan keju untuk MPASI sebagai tambahan nutrisi. Pasalnya, salah satu produk olahan susu ini memang terkenal akan berbagai kandungan baiknya lho, Mom!

Lalu, apa saja rekomendasi keju untuk MPASI yang bisa Mom pilih? Yuk, temukan selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Download aplikasi ruangmom

Kapan waktu tepat memberikan keju untuk MPASI bayi?

Sebelum mencari rekomendasi merk keju terbaik, Mom sebaiknya tahu kapan waktu yang tepat untuk memberi keju untuk MPASI pada si kecil.

Menurut The Asian Academy of Pediatrics, Mom dapat mulai mengenalkan keju untuk MPASI jika si kecil telah mengenal makanan bertekstur padat seperti sereal, buah dan sayur-mayur. Selain itu, beberapa dokter anak juga menyarankan pemberian MPASI sebaiknya dilakukan apabila anak sudah berusia 6 hingga 8 bulan.

Oleh karena itu, Mom bisa mulai mengenalkan buah hati tercinta pada makanan pendamping seperti keju untuk MPASI secara bertahap jika usianya sudah menginjak 6 bulan atau lebih, ya.

Manfaat keju untuk MPASI

Selain dapat membantu pemenuhan nutrisi, terdapat beberapa manfaat keju untuk MPASI bayi lainnya yang perlu Mom ketahui, di antaranya:

  • Membantu menambah berat badan bayi agar semakin ideal
  • Meningkatkan asupan energi agar buah hati Mom bersemangat menjalani hari-harinya
  • Mendorong pertumbuhan tulang dan gigi karena kandungan kalsiumnya tinggi
  • Menambah serta mengenalkan mereka pada cita rasa makanan baru
  • Memiliki kandungan vitamin dan protein melimpah guna menjadikan tumbuh kembang si kecil lebih optimal
  • Dapat dijadikan opsi diet bagi bayi yang mempunyai berat badan berlebih
  • Menjadi penangkal alergi susu apabila diberikan pada waktu yang tepat

Jenis keju untuk MPASI bayi

Mom diharapkan tidak sembarangan dalam memilih jenis keju untuk MPASI bayi, ya. Berikut adalah beberapa jenis yang bisa digunakan guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil.

1. Keju Cheddar

Jenis keju untuk MPASI yang telah terbukti aman adalah keju cheddar. Selain mudah ditemukan di berbagai supermarket terdekat, keju satu ini dipercaya memiliki kandungan natrium rendah sehingga aman dikonsumsi oleh balita, Mom.

Manfaat keju untuk MPASI adalah dapat meningkatkan pertumbuhan serta pembentukan tulang buah hati Anda. Secara umum, setiap 28 gram keju cheddar mengandung:

  • Karbohidrat 150 mg
  • Natrium 380 mg
  • Lemak 7 gr
  • Kalsium 150 mg
  • Energi 80 kal
  • Kolesterol 15 mg

2. Keju Krim

Rekomendasi keju untuk MPASI 6 bulan selanjutnya dapat berupa keju krim, Mom. Jenis keju satu ini sangat mudah untuk dicampur ke dalam asupan buah hati Anda karena bentuknya yang berupa krim lembut.

Selain mengandung omega-6 tinggi, Mom bisa menemukan kandungan berikut dalam kemasan 28 gram keju krim, di antaranya:

  • Vitamin A hingga 10%
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 5%
  • Energi 99 kal
  • Protein 2 gr
  • Karbohidrat 2 gr
  • Lemak 10 gr

3. Keju Parmesan

Jenis keju untuk MPASI selanjutnya adalah keju parmesan. Mom bisa mencampurkan keju ini dengan kaldu atau sayuran segar seperti kentang maupun wortel agar si kecil semakin sehat dan kuat. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 28 gram keju parmesan secara umum.

  • Kalsium hingga 26%
  • Lemak 7 gr
  • Protein 10 gr
  • Energi hingga 111 kal
  • Karbohidrat 0,9 gr

Baca juga: MPASI Bayi 11 Bulan, Apa Saja yang Bisa Diberikan?

Cara memilih keju untuk MPASI

Agar tak keliru dalam menentukan keju terbaik untuk buah hati, simak cara memilihnya berikut ini, ya.

  • Perhatikan jenis keju untuk MPASI bayi sesuai dengan olahan masakan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Pertimbangkan kemasannya guna memastikan ada atau tidaknya perlindungan ekstra terhadap keju tersebut.
  • Cek jumlah garam per sajian dengan ketentuan: 400 mg per hari bagi anak usia 6-12 bulan dan 800 mg untuk usia 1 – 3 bulan. Semakin rendah kandungan natrium, maka semakin bagus keju tersebut untuk dijadikan makanan pendamping ASI.
  • Ketahui berat bersihnya, yaitu sekitar 60-250 gram untuk bisa memenuhi kebutuhan harian si kecil.

Rekomendasi keju untuk MPASI

Berikut adalah rekomendasi keju untuk MPASI bayi terbaik versi Ruangmom.

1. Almarai Triangle Cheese

Almarai Triangle Cheese adalah salah satu merk keju untuk MPASI terbaik yang patut Mom berikan pada bayi. Seperti namanya, keju satu ini memiliki bentuk segitiga dan tergolong dalam kategori plain cheese namun tak kalah lezat rasanya.

Tak hanya untuk bayi dan balita, Almarai Triangle Cheese juga dipercaya bermanfaat sebagai cemilan ibu hamil karena kandungan proteinnya tinggi. Mom bisa mendapatkan keju satu ini dengan kisaran harga mulai Rp30.000 saja per kemasan.

2. Arla Kids Stick Cheese

Jika Mom tak tahu bagaimana cara memasak keju untuk MPASI 6 bulan, maka berikan saja si kecil camilan berbahan dasar keju, salah satunya adalah Arla Kids Stick Cheese. Seperti namanya, produk ini diproduksi secara khusus dengan bentuk stick agar memudahkan balita saat mengonsumsinya.

Dengan kandungan tinggi kalsium dan protein serta bercita rasa gurih, si kecil pasti akan sangat menyukai menu camilan baru ini, Mom. Namun, Anda sebaiknya membatasi konsumsi per harinya agar kesehatan buah hati tetap terjaga, ya!

3. Anchor Keju Parmesan

Apabila Mom mencari keju parmesan sebagai MPASI buah hati Anda, maka merk Anchor dapat dijadikan pertimbangan nih, Mom. Bukan hanya rasanya lezat dan digemari anak-anak, keju satu ini juga bisa dengan mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan menggiurkan, lho.

Anchor Keju Parmesan diproduksi secara khusus dengan bentuk bubuk guna memudahkan Mom dalam mencampurnya bersama asupan MPASI lain seperti bubur atau puree.

4. Babybel Original Mini Cheese

Babybel Original Mini Cheese adalah rekomendasi keju untuk MPASI 6 bulan terbaik karena diolah dari susu sapi murni pilihan, Mom. Selain tinggi protein dan kalsium, buah hati Anda bisa memperoleh ragam manfaat lain guna membantu proses tumbuh kembangnya.

Tak hanya itu, Babybel Original Mini Cheese juga dipercaya tidak mengandung pengawet, perasa dan pewarna buatan sehingga dapat dikonsumsi secara rutin oleh si kecil. Mom bisa mendapatkannya di beberapa supermarket dengan harga berkisar mulai Rp46.800 saja untuk setiap kemasan.

5. D’Natural Varmesan – Vegan Parmesan Cheese

Nah, keju satu ini adalah rekomendasi utama bagi buah hati Mom yang rentan alergi karena intoleran terhadap laktosa. Keju D’Natural Varmesan berbahan dasar kacang mete dibumbui dengan sea salt (garam laut) serta kaldu jamur yang memiliki cita rasa unik dan lezat.

Selain enak, keju ini juga bebas gula serta kaya akan kandungan protein, serat dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh si kecil. Mom bisa membelinya di supermarket terdekat atau melalui marketplace online kepercayaan dengan harga berkisar mulai Rp49.900 saja.

6. Diamond Cheddar

Satu kemasan Diamond Cheddar dipercaya mengandung 2 gram lemak, 5 gram protein dan garam sebanyak 360 mg. Apabila Mom menjadikan rekomendasi ini sebagai keju untuk MPASI bayi, maka Anda disarankan untuk memotongnya menjadi beberapa bagian kecil, ya.

Hal itu bertujuan agar bayi tidak mengonsumsinya secara berlebihan serta menghindari kemungkinan mereka dapat tersedak. Keju ini bisa ditemukan pada sejumlah swalayan dengan harga mulai Rp18.500 per kemasan.

7. Ganesha Sora Mozarella Balita 1

Keju Ganesha Sora Mozarella Balita 1 dapat dijadikan opsi apabila nafsu makan si kecil tiba-tiba berkurang, Mom. Keju tersebut dipercaya bisa menggugah selera makan buah hati Anda karena bentuk serta teksturnya yang unik.

Namun, akan lebih baik jika Mom mulai memberikan produk keju satu ini ketika gigi si kecil sudah mulai tumbuh dan semakin mahir dalam mengunyah makanan. Memberikannya terlalu dini dianggap dapat berisiko membuat buah hati Anda tersedak saat mengonsumsinya. Untuk itu, perhatikan petunjuk pemakaiannya dengan benar ya, Mom.

Baca juga: 7+ Aturan Pemberian Menu MPASI Menurut WHO, Mom Wajib Tahu!

8. Grated Parmesan Cheese

Rekomendasi selanjutnya jatuh kepada Grated Parmesan Cheese. Keju ini akan sangat cocok apabila Mom ingin menyajikan menu berbeda setiap harinya khusus untuk buah hati tercinta.

Yup, semua menu makanan dapat Mom lengkapi dengan Grated Parmesan Cheese karena keju tersebut mampu melezatkan setiap makanan, baik sebagai topping maupun dressing. Mom bisa dapatkan keju ini dengan harga Rp40.000 saja untuk kemasan 20 gram.

9. Greenfields Keju Ricotta

Apabila si kecil sudah terbiasa mengonsumsi makanan padat (umumnya berusia 8 bulan atau lebih), Mom bisa mulai mengenalkannya dengan menu sehat seperti pasta yang disajikan bersama Greenfields Keju Ricotta.

Manfaat keju untuk MPASI satu ini adalah melengkapi kebutuhan protein harian si kecil serta menjaganya agar terus bersemangat sepanjang hari. Tekstur keju ricotta akan sangat cocok jika disandingkan bersama saus pasta sehingga meninggalkan kesan makanan mewah untuk si kecil. Menarik sekali kan, Mom?

10. Keju Lembang Mozarella Balita Whole Milk

Keju Lembang Mozarella Balita Whole Milk merupakan salah satu rekomendasi terbaik karena kualitasnya terjamin juara.

Tak hanya nikmat dari segi rasa, keju ini juga sudah dipastikan halal sehingga cocok dikonsumsi apabila Mom ragu akan jenis keju import lainnya. Diolah secara khusus dengan rendah laktosa sehingga bisa menjadi opsi brilian bagi Mom yang buah hatinya rentan alergi susu sapi.

11. Kiri Cream Cheese

Merk keju untuk MPASI selanjutnya yang harus Mom coba adalah Kiri Cream Cheese. Telah hadir dengan varian oles dan cube, Mom bisa menyajikannya sebagai camilan atau pelengkap asupan buah hati Anda, lho.

Kiri Cream Cheese dipercaya kaya akan kandungan kalsium dan vitamin A. Tak hanya itu, kandungan garamnya pun tergolong rendah sehingga aman dikonsumsi balita dalam jangka waktu panjang.

12. Kraft Cheddar

Mom pasti sudah tak asing dengan merk keju untuk MPASI satu ini, bukan? Yup, Kraft Cheddar adalah brand keju yang diminati banyak kalangan di Indonesia karena rasanya lezat dan mudah diterima di lidah siapapun.

Sebelum menyajikannya sebagai MPASI bayi, Mom perlu memarut atau memotong keju ini menjadi beberapa bagian kecil terlebih dahulu, ya. Hal itu dimaksudkan agar bayi dapat lebih menikmatinya tanpa khawatir tersedak.

13. Kraft Milky Soft

Kraft Milky Soft adalah rekomendasi keju bertekstur lembut yang patut Mom coba sebagai makanan pendamping ASI. Karena kelembutannya yang luar biasa, Mom bahkan bisa menyajikannya sebagai camilan si kecil di kala bosan, lho.

Tak hanya itu, Mom juga dapat menjadikannya pelengkap finger food karena keju satu ini dipercaya sangat mudah menyatu jika dicampur dengan MPASI lainnya.

14. Prochiz Cheddar

Merk keju selanjutnya datang dari Prochiz nih, Mom. Mengingat keju ini hadir dengan tekstur padat, Mom sebaiknya mengolahnya terlebih dahulu sebelum menyajikannya pada menu si kecil, ya.

Menyenangkan lagi, Mom bisa berkreasi dalam penyajiannya seperti diparut atau diolah menggunakan metode lainnya. Prochiz Cheddar akan terasa sangat nikmat apabila disajikan bersama puree atau bubur bayi. Dijamin si kecil pasti suka, deh!

15. The Laughing Cow Belcube Baby Cheese

The Laughing Cow Belcube Baby Cheese adalah keju yang cocok dijadikan MPASI karena selain rasanya creamy, keju ini mempunyai tekstur lembut dan mudah dicerna oleh balita.

Selain itu, The Laughing Cow Belcube Baby Cheese juga memiliki kandungan natrium rendah serta dilengkapi protein 600 mg dalam setiap kemasannya. Cara memasak keju untuk MPASI bayi satu ini bisa dilakukan dengan melelehkannya di atas sepotong roti, Mom. Yuk, coba sekarang juga!

Hal yang perlu diperhatikan saat memberikan keju untuk MPASI bayi

Terdapat beberapa hal krusial yang harus Mom perhatikan sebelum memberi si kecil keju sebagai makanan pendamping ASI, yaitu:

  • Hindari memberikan buah hati Anda keju sebagai makanan pertamanya dalam bentuk padat. Mom bisa melumat atau mencairkannya terlebih dahulu.
  • Utamakan keju bertekstur lembut guna mempermudah proses pencernaan bayi.
  • Perhatikan kadar garamnya.
  • Cara memasak keju untuk MPASI sebaiknya dipotong kecil-kecil agar bayi tidak tersedak.
  • Terus perhatikan secara berkala apakah bayi menunjukkan reaksi alergi seperti bibir bengkak, kemerahan pada kulit atau diare. Jika Mom menemukan adanya gejala tersebut, segera kunjungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa merk keju untuk MPASI yang direkomendasikan oleh Ruangmom. Bagaimana, sudah siap menyajikan olahan keju bagi buah hati tercinta, Mom? Walau jarang terjadi, selalu perhatikan kemungkinan si kecil alergi, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Baca juga: 7 Merk Susu Formula untuk Bayi, Bagus sebagai Pengganti ASI



Source link

Posting Komentar untuk "15 Rekomendasi Keju untuk MPASI Bayi Terbaik Bergizi Tinggi"