Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Popok Bayi Baru Lahir yang Bisa Mom Pilih


Bagi Mom yang baru mempunyai baby, memilih popok bayi baru lahir bisa dibilang tidak mudah. Sebab ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari daya serap popok, kelembutan bahan, hingga harganya. Terlebih jika bayi Anda memiliki kulit sensitif. Anda perlu ekstra hati-hati dalam memilih popok untuknya jika tidak ingin muncul ruam atau bintik-bintik merah di kulit si kecil.

Namun, Mom tak perlu bingung, sebab Ruangmom akan memberikan rekomendasi popok bayi baru lahir yang bagus beserta harganya. Simak, ya!

Cara memilih popok bayi baru lahir

Banyak Mom yang masih bingung dengan keamanan penggunaan popok pada bayi baru lahir. Padahal, popok bayi aman digunakan asalkan produknya tepat. Apa maksudnya?

Mom, Anda pasti paham bahwa kulit bayi sangatlah sensitif. Sehingga Anda perlu memastikan popok yang ia kenakan terbebas dari bahan-bahan kimia seperti pewangi dan pemutih. Jika tidak, kulit sensitif bayi bisa mengalami ruam. Tentu Anda tidak ingin si kecil mengalaminya, bukan?

Di samping itu, penting juga mengetahui ganti popok bayi baru lahir berapa kali. Menurut IDAI, Mom disarankan menggantinya sesering mungkin, sekitar 2-3 jam sekali, terutama jika bayi sering buang air kecil.

Nah, agar si kecil tidak mengalami ruam popok, terdapat empat poin yang harus Mom perhatikan saat memilih pampers bayi.

1. Cek keamanan produk untuk kulit bayi

Cara memilih popok bayi baru lahir yang pertama adalah memastikan keamanan produk. Pertama-tama, pastikan popok memiliki daya serap tinggi alias tidak mudah bocor. Hal ini bertujuan agar popok tidak cepat penuh oleh air kencing bayi, Mom. Selain itu, pilihlah popok yang mempunyai sirkulasi udara baik guna mencegah tumbuhnya jamur.

Poin penting lain adalah pastikan produk popok tidak mengandung bahan kimia seperti pewangi, pemutih, dan pewarna yang bisa memicu alergi kulit.

2. Sesuaikan ukuran pampers dengan berat bayi

Saat membeli pampers, sebaiknya Mom mencari yang ukurannya sesuai dengan bayi Anda. Terdapat dua ukuran popok bayi, yaitu NB dan S. Ukuran NB atau newborn diperuntukkan bayi baru lahir dengan bobot kurang dari 5 kilogram. Sementara ukuran S dapat digunakan oleh bayi dengan bobot 4-8 kilogram.

Penting untuk selalu memantau perkembangan berat badan bayi, sebab seiring pertumbuhannya, bobot bayi juga semakin bertambah, Mom. Jika dirasa popok sudah ketat, maka sebaiknya Anda segera mengganti ukurannya.

3. Pilih popok yang mudah dikenakan dan dilepas

Mom, ada dua tipe popok yang bisa Anda pilih, yaitu tipe perekat dan celana. Sebaiknya Anda memilih tipe perekat jika bayi masih berusia 1 bulan. Pasalnya di usia tersebut ia belum dapat menggerakkan tubuhnya sendiri. Sehingga popok tipe perekat bisa memudahkan Anda mengganti popok selagi posisi bayi tengah berbaring.

Tipe kedua adalah popok celana. Tipe ini lebih cocok digunakan pada bayi yang sudah mulai aktif bergerak, Mom. Cara mengganti popok bayi baru lahir ini harus dilakukan dengan cepat, sebab jika tidak, bayi dikhawatirkan tidak sabar dan memberontak sehingga membuat lantai jadi kotor.

Baca juga: Bolehkah Bayi Baru Lahir Pakai Pampers? Ini 4 Faktanya

Rekomendasi popok bayi baru lahir yang bagus

Nah, setelah mengetahui cara memilih popok bayi baru lahir, kini saatnya Ruangmom merekomendasikan popok bayi terbaik untuk si kecil.

1. MamyPoko

Rekomendasi popok bayi baru lahir pertama adalah MamyPoko. Siapa sih yang nggak tahu produk ini, Mom. MamyPoko adalah salah satu produk popok bayi populer sejak lama. Mom dapat memilih MamyPoko Royal Soft NB yang sangat lembut untuk bayi dan tidak menimbulkan kulit iritasi.

MamyPoko Royal Soft dilengkapi perekat pinggang yang fleksibel sehingga nyaman dikenakan bayi. Selain itu, popok ini juga memiliki teknologi extra dry dan quick absorbency yang membuat kulit bayi tetap kering. Harga MamyPoko Royal Soft berkisar Rp60 ribu-an, Mom.

2. Sweety Comfort Gold

Produk popok bayi baru lahir berikutnya yaitu Sweety Comfort Gold. Ini merupakan popok untuk bayi dengan model perekat, Mom. Daya serapnya yang tinggi mampu menampung kotoran dan urin bayi dengan optimal. Di samping itu, teksturnya juga lembut sehingga aman bagi kulit sensitif bayi.

Sweety Comfort Gold juga dilengkapi dengan teknologi diamond layer yang berfungsi membuat popok tetap kering dan menjaga kesehatan kulit bayi. Harganya pun terbilang ekonomis lho Mom, yaitu Rp76 ribuan dengan isi 52 pcs.

3. Nepia Genki

Rekomendasi popok bayi baru lahir ketiga adalah Nepia Genki. Ini merupakan jenis popok yang memiliki indikator pipis, jadi Mom dan Dad bisa tahu apakah popok sudah penuh atau belum. Nepia Genki memiliki daya serap cukup optimal sehingga membuat area kelamin bayi tetap kering.

Tak hanya itu, bahannya yang lembut juga menghindarkan si kecil dari iritasi kulit serta gatal-gatal. Untuk ukurannya sendiri terdiri dari ukuran S hingga XL. Lalu popok ini bersifat unisex, jadi bisa dipakai bayi laki-laki maupun perempuan.

Dengan segala kelebihan tersebut, tak heran jika harganya pun tidak murah, Mom. Anda bisa mendapatkan popok Nepia Genki dengan harga sekitar Rp118 ribu.

4. Goo.N Premium

Salah satu permasalahan kulit bayi sensitif saat mengenakan popok adalah ruam. Namun, Mom tidak perlu mengkhawatirkannya jika menggunakan Goo.N Premium. Pasalnya, Goo.N Premium adalah popok sekali pakai berbentuk perekat yang telah dilengkapi teknologi 2 steps block atau penahan bocor di bagian samping.

Bagian permukaannya dibuat bergelombang dan sangat lembut dengan pad penyerap ekstra sehingga nyaman digunakan si kecil sepanjang hari. Terlebih lagi, popok ini mampu menyerap hingga 6 cup air selama 12 jam lho, Mom! Dan yang terpenting, Goo.N Premium sudah tersertifikasi halal oleh MUI. Mom bisa mendapatkan popok ini dengan harga Rp83 ribu.

5. Merries

Merek popok sekali pakai yang direkomendasikan selanjutnya adalah Merries ‘New Born’. Popok berbahan lembut dengan Soft Air System berikut mampu menjaga kulit si kecil tetap kering sehingga terhindar dari ruam-ruam merah akibat popok yang lembab.

Merries ‘New Born’ ini bisa digunakan oleh bayi baru lahir hingga berat badan 5 kilogram ke atas. Jika tertarik, Anda dapat membelinya di supermarket atau toko perlengkapan bayi terdekat dengan harga mulai dari Rp60.000-an (isi 24 pcs).

6. Pampers Premium Care

Berbicara mengenai popok untuk bayi baru lahir, maka merek Pampers Premium Care tak boleh Anda lewatkan. Tersedia dua jenis popok yang bisa Mom pilih dari brand ini, yaitu Pampers Premium Care ‘New Born’ atau ‘New Baby’.

Pampers ‘New Born’ ditujukan bagi bayi baru lahir dengan berat 0-5 kilogram, sedangkan Pampers ‘New Baby’ dapat dipakai oleh si kecil yang berat badannya di atas 5 kilogram.

Pampers menjadi salah satu popok favorit para ibu karena telah dilengkapi dengan teknologi Magic Gel yang berfungsi mengunci cairan dan membuat kulit di sekitar tetap kering.

Popok berikut dibanderol mulai dari Rp180.000-an untuk 52 pcs dan bisa ditemukan di berbagai supermarket online maupun offline.

7. Drypers Wee Wee Dry

Last but not least, rekomendasi popok bayi baru lahir yang bagus adalah Drypers Wee Wee Dry. Popok bayi ini telah dilengkapi fitur speedy dry layer sehingga cepat menyerap dan mendistribusikan urine. Dengan begitu, lapisan atasnya tetap kering, Mom.

Menariknya lagi, Drypers Wee Wee Dry juga dilengkapi fitur flexi-tape anti bocor yang membuat si kecil bebas beraktivitas. Desainnya pun terkesan slim sehingga si kecil terlihat tidak bulky. Popok bayi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp96 ribu.

Nah, itu dia berbagai merek popok bayi baru lahir yang direkomendasikan Ruangmom. Masing-masing tipe popok memiliki kelebihan dan keistimewaan, jadi Mom bisa memilih sesuai dengan kebutuhan si kecil. Yang terpenting, pastikan popok pilihan Anda berkualitas dan nyaman dikenakan bayi, ya.

Baca juga: Rekomendasi Rangkaian 7 Skincare Bayi Baru Lahir, Aman!



Source link

Posting Komentar untuk "7 Rekomendasi Popok Bayi Baru Lahir yang Bisa Mom Pilih"