Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Tumbuh Kembang Anak PrimaKu


Aplikasi Tumbuh Kembang Anak PrimaKu

Hai – hai – haiiii Ibu – ibuuu. Sebagai orang tua terutama sebagai seorang ibu kadang kita itu suka ada rasa khawatir atau bingung gitu ya dengan tumbuh kembang anak – anak kita. “Duh, berat badan anakku wajar nggak ya segini di usianya yang udah 10 bulan? Duh, tinggi anakku udah sesuai usianya belum ya? Kan aku takut nanti anakku pendek atau perkembangan anakku udah sesuainya usianya belum ya? Terus gimana ya cara menstimulasi anak?” 

Hayoooo, siapa yang suka begitu? Akuuuu 😂. Tapi Ibu – ibu jangan khawatir ya soalnya hari Kamis, 16 Desember 2021 aku itu ikut webinar dengan judul “Monitor Tumbuh Kembang Anak di PrimaKu Demi Anak yang Sehat & Kuat”. Dan narasumbernya itu dokter terkenal yang wajahnya sering aku lihat tapi baru pertama kali ini aku lihat beliau kasih penjelasan namanya itu dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes. MasyAllah ilmunya banyak banget, penjelasannya enak, ramah dan rendah hati. Aku langsung suka ama dokternya hahaha 😂. Oke aku bagiin di sini ya ilmunya. 

Webinar tumbuh kembang anak
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes.
Tumbuh kembang anak

Ibu – ibu tau nggak ciri anak yang dikatakan sehat itu apa aja sih? Nah dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes mengatakan ada 3 ciri anak sehat yaitu

1. Tumbuh

Tumbuh itu yang seperti apa sih? Jadi yang dimaksud tumbuh itu adalah terjadi penambahan volume tubuh anak seperti bertambah berat badan anak, tinggi badan dan lingkar kepalanya

2. Berkembang

Yang dikategorikan anak berkembang adalah anak yang terus bertambah skillnya kayak udah bisa duduk sendiri, merangkak, berdiri sampai seterusnya

3. Tidak sakit

Nah, agar anak kita tidak mudah terkena penyakit salah satu cara terpentingnya adalah dengan cara melakukan imunisasi

Ibu – ibu sebagai orang tua menurut dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes kita perlu memantau tumbuh kembang anak kita seperti salah satunya adalah berat badan anak untuk melihat apakah anak kita terpenuhi gizinya dengan baik atau tidak. Mengapa? Untuk menghindari anak – anak kita terkena stunting. 

Baca juga: 5 Kesalahan Pola Asuh Gizi yang Jarang Diketahui Orang Tua

Stunting slalu menjadi masalah yang perlu diperhatikan baik itu di negara maju maupun di negara berkembang terutama di Indonesia. Karena di Indonesia sebanyak lebih dari 50% anak di bawah lima tahun mengalami gangguan tumbuh kembang dan sebanyak 20% juga mengalami stunting karena kurangnya gizi. Hiks *sedih ya

Ibu – ibu stunting itu tidak terjadi dengan tiba – tiba, tapi ia terjadi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, jika berat badan anak kita tidak sesuai dengan usianya sebaiknya segera perbaiki pola makan, gizi anak dan konsultasikan pada tenaga kesehatan

Cuma masalahnya kadang kan kita nggak tahu ya Ibu – ibu apakah anak kita berat badannya sudah sesuai usianya belum? Perkembangannya wajar atau nggak, terus bingung juga kan bagaimana cara membaca kurva atau grafik pertumbuhan anak kita. Oleh karena itu, aku ingin mengenalkan aplikasi memonitor tumbuh kembang anak bernama PrimaKu ini kepada kalian

Jadi ya, karena Kayesa lahirnya cuma 2 kg aja, bikin aku ngerasa deg – degan terus dengan tumbuh kembang Kayesa. Aku suka nanya ke diri aku “Anak aku tumbuh dan berkembang sesuai usianya ga ya? apa aku bisa ngejar ketertinggalan berat badannya atau nggak? Dan di usia Kayesa yang sekarang udah 10 bulan dia masih belum bisa berdiri. Sedangkan anak seusianya pada sudah bisa. Aku ngga tahu apakah itu wajar atau ngga tentang perkembangan Kayesa ini”. Makanya pas di webinar aku tahu ada aplikasi memonitor bernama PrimaKu ini, aku langsung download dong 😍. 

Jujur, awalnya aku nggak terlalu tertarik dengan aplikasi PrimaKu ini. Pikirku “ah paling sama aja ama aplikasi tumbuh kembang anak yang lain“. Setelah aku coba sendiri aplikasi PrimaKu ini, ternyata aku salah. Aplikasi PrimaKu ini lengkap banget. Ngga usah pusing – pusing lagi cari penjelasan tentang tumbuh kembang anak kita karena semua ada di sana dan artikelnya ditulis oleh dokter sendiri lho. Jadi gimana aku ga langsung tertarik ama aplikasi ini kan. Kita kupas tentang aplikasinya, yuk! 

PrimaKu Aplikasi Tumbuh Kembang Anak 

Aplikasi Tumbuh Kembang Anak PrimaKu

Apa itu PrimaKu? PrimaKu adalah aplikasi tumbuh kembang anak dimana PrimaKu ini adalah mitra resminya IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan Kemenkes. Jadi, kita nggak usah khawatir kontennya hoax atau nggak karena di bawah pengawasan langsung IDAI jadi pastinya valid dong. 

Kelebihan Aplikasi Tumbuh Kembang PrimaKu

1. Aplikasi terpecaya ya karena mitra resmi IDAI dan Kemenkes 

2. Aplikasi ini praktis. Kita mau cari tentang tumbuh kembang anak saja langsung keluar grafik beserta penjelasannya dan termasuk wajar atau tidaknya tumbuh kembang anak kita

3. Bisa menjadi pengganti buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Jadi kalau kita lupa bawa buku KIA atau buku KIAnya hilang atau sobek, kita bisa menggunakan aplikasi PrimaKu ini ke dokter anak. Yang penting kita tinggal masukin aja data anak kita ke aplikasi

4. Digunakan oleh dokter anak dan orang tua. Tuuuu kan dokter anak aja ada yang pakai aplikasi PrimaKu lho untuk pegangan mereka karena memang lengkap

5. Fiturnya lengkap. Penasaran kan fiturnya selengkap apa? Aku bahas ya

Fitur Aplikasi Tumbuh Kembang Anak PrimaKu

Fitur aplikasi tumbuh kembang anak PrimaKu

1. Konsultasi

Di fitur konsultasi, kita bisa memilih ingin berkonsultasi dengan dokter anak yang mana. Ada juga dokter dengan kategori terdekat atau yang tersedia. Kita bisa melakukan chat, call, dan video call

2. Imunisasi

Jadwal imunisasi


Ibu – ibu kadang kita suka bingung atau takut salah ya kapan jadwal imunisasi anak kita. Aku juga begitu. Apalagi terakhir aku belajar soal imunisasi itu hampir 6 tahun yang lalu. Jadi kan lupa lagi pas masanya Kayesa 😂. Sampai aku suka tanya ke bidan setiap mau imunisasi “Bu, bulan depan imunisasi apa?” Saking aku ngga hapal jadwal imunisasi 😂. Nah di fitur imunisasi di sini kita akan lihat jadwal imunisasi itu kapan aja, pas anak usia berapa? Semua ditulis lengkap. Bahkan di jadwal imunisasinya bukan hanya imunisasi wajib saja, imunisasi yang dianjurkan oleh para dokter juga ada. Jadi lengkap ya. 

Jadi kita nggak usah takut lagi terlewati atau bingung sama jadwal imunisasi anak ya Ibu – ibu. Tinggal buka fitur imunisasi aja di aplikasi PrimaKu 

Baca juga: Tahukan Bunda Salesma dan Influenza itu berbeda lho

Baca juga: Kupas Tuntas Tentang Imunisasi dengan ahlinya yuk 

3. Rekam medis

Di sini ada fitur rekam medis juga. Jadi kita bisa memasukan keterangan kalau anak kita pernah sakit apa aja di sini

4. Komunitas

Ibu – ibu kita nggak perlu merasa sendirian. Ibu – ibu juga bisa bergabung dengan komunitas yang ada di PrimaKu ini. Jika ibu ada keluhan atau pun yang ingin ditanyakan, kita bisa bertanya di komunitas ini. Nanti akan di jawab oleh teman – teman yang ada di komunitas juga

5. Pertumbuhan

Nah yang paling aku suka dan penting banget itu adalah fitur pertumbuhan ini. Ketika awal kita mendaftar di aplikasi PrimaKu ini kita diajak untuk mengisi data anak kita termasuk berat badan ketika anak lahir, tinggi badan, dan lingkar kepalanya. Lalu masukkan data berat badan anak terbaru dll, Langsung deh semua tentang pertumbuhan anak keluar penjelasannya bahkan dengan kurvanya juga. Terus ada kesimpulannya juga apakah anak kita tumbuh dengan baik atau tidak. Jika tidak, aplikasi PrimaKu ini akan menyarankan kita konsultasi dengan dokter anak agar kita bisa memperbaiki gizi anak kita dan mengecek perkembangan anak kita

6. Buku Anak

Di buku anak ini ada fitur lagi di dalamnya namanya fitur perkembangan. Fitur perkembangan ini juga penting ya buat kita karena di fitur ini kita bisa tahu cara menstimulasi perkembangan anak kita sesuai usianya. 

Selain itu, kita juga bisa mengecek apakah perkembangan anak kita sesuai usianya atau tidak dengan menjawab atau menceklis indikator tumbuh kembang anak. 

7. Skrinning medis

Di fitur ini bisa mengisi skrinning medis apakah anak kita bisa mendengar dengan baik atau tidak

8. Fitur artikel

Nah, aku juga suka ya dengan fitur artikel di aplikasi PrimaKu ini. Soalnya yang menulis semuanya adalah para dokter. Jadi udah pasti valid dong ilmunya. Nggak hoax. Ini yang membuat aku percaya dengan artikel yang ditulis di sana

MasyAllah lengkap kan? Jujur aku malah jadinya lebih suka aplikasi tumbuh kembang anak PrimaKu ini daripada buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) hahaha 😂. Soalnya yang PrimaKu ini lebih praktis aja dan nggak usah pusing – pusing lagi nyari penjelasannya. Jadi, nggak usah banyak mikir jadinya hahaha 😂. 

Nah, kalau kalian pengen kayak aku ngga usah bingung lagi soal tumbuh kembang anak, tinggal download aja aplikasi tumbuh kembang anak PrimaKu di Play Store. Tenang aja, PrimaKu ini menjanjikan data kita aman kok. Selamat mencoba ya 😘

 



Source link

Posting Komentar untuk "Aplikasi Tumbuh Kembang Anak PrimaKu"